5 Step Membersihkan Lumut Pada Lantai Kamar Mandi

Kamar mandi lumutan? Segera hilangkan. Jangan sampai lumut dibiarkan tumbuh dan berkembang biak di kamar mandi. Lumut bisa mengakibatkan masalah kesehatan, selain itu juga membuat tampilan kamar mandi jadi tidak enak dilihat. Aktivitas mandi, seharusnya dilakukan di ruangan yang bersih bukan berlumut.

Membersihkan Lumut Pada Lantai Kamar Mandi

Apa yang mengakibatkan lumut datang? Lumut berawal dari jamur dan ini adalah masalah yang sering ditemukan di kamar mandi. Alasannya adalah suhu yang sangat rendah atau lembab membuat jamur dan lumut sangat mudah untuk tumbuh. Kamar mandi selalu memiliki suhu udara yang lembab dibandingkan ruangan yang lainnya.

Beberapa bagian yang sering ditumbuhi lumut pada kamar mandi adalah, pinggiran jendela, sudut tempat penampungan air. Begitu juga dengan sela-sela lantai dan dinding keramik, hingga plafon atau langit-langit kamar mandi. Khususnya pada bagian lantai atau dinding keramik, area tersebut paling sering ditumbuhi lumut.

Lumut tidak akan datang, apabila Anda menggunakan jenis lantai kamar mandi yang tepat. Anda bisa meminta jasa epoxy lantai Jakarta yang handal untuk mencegah lumut datang begitu saja. Alasan lantai epoxy tidak mudah ditumbuhi lantai adalah, tidak adanya celah untuk kelembaban udara dan juga air menembusnya.

Lapisan plastik dari epoxy akan mencegah peresapan air, bahkan ketika terjadi kebocoran dari dalam dinding atau lantai. Inilah keunggulan dari lantai epoxy yang harus Anda terapkan di lantai rumah. Perlu diketahui, apabila lumut dibiarkan begitu saja dan tidak segera di atasi, dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Masalah kesehatan yang sering muncul adalah mycotoxin dimana lumut pada ruangan menyebabkan racun dalam tubuh manusia. Tidak ingin tubuh terkena racun dari lumut, maka segera atasi masalah jamur dalam kamar mandi dari sekarang.

 

Step by Step Menghilangkan Lumut di Kamar Mandi

Menghilangkan Lumut di Kamar Mandi

Pada saat Anda ingin mengganti lantai dengan epoxy pada kamar mandi melalui jasa epoxy lantai Jakarta, terlebih dahulu Anda harus membersihkan lumut. Apabila lumut tidak dibersihkan dahulu maka akan sulit epoxy menempel pada lantai kamar mandi. Akibatnya tampilan lantai pun tidak akan bagus dan lumut akan terlihat.

Oleh karena itu Anda perlu mengikuti lima langkah mudah berikut ini dalam menghilangkan lumut di kamar mandi.

  1. Kenakan masker, sarung tangan karet dan kacamata agar terhindar dari racun yang dikeluarkan lumut. Baru bersihkan lumut dengan scrape hingga ke akarnya. Kumpulkan lumut di tempat terpisah untuk dibuang.

  2. Kemudian campurkan pemutih pakaian (bleaching) dengan air hangat. Hindari pemutih terkena tangan jadi pastikan tetap gunakan sarung tangan karet. Campurkan ke dalam botol plastik dengan perbandingan 1 : 3. Lebih banyak air daripada pemutih.

  3. Semprotkan campuran bleaching dan juga air hangat tadi ke area yang tadinya ditumbuhi lumut. Biarkan hingga menjadi kering dengan sendirinya.

  4. Aplikasikan kembali larutan bleaching ke bagian yang ditumbuhi lumut. Kemudian gunakan scrape untuk membersihkan sisa-sisa akar lumut dan bersihkan dengan busa.

  5. Bilas area yang tadi telah dibersihkan dengan air bersih. Ulangi hingga tidak ada lagi bahan pemutih yang tertinggal. Terakhir keringkan bagian yang telah dibilas dengan handuk kering untuk mencegah tumbuhnya lumut kembali.

Apabila semua lumut di lantai dan di dinding kamar mandi telah dihilangkan, Anda bisa mulai meminta jasa epoxy lantai untuk melapisi seluruh lantai kamar mandi. Anda juga bisa melapisi lantai dapur yang biasanya lembab.

COMMENTS