Inspirasi Pilihan Karpet Murah untuk Hunian

Memiliki hunian butuh anggaran yang tak sedikit. Rumah selesai dibangun, Anda akan mulai dipusingkan dengan aneka interiornya. Kursi, sofa, meja makan, hiasan dinding, tempat tidur, lantai dan lain sebagainya perlu dipilih matang-matang karena digunakan untuk jangka panjang. Setelah selesai memlih, Anda juga perlu melengkapinya dengan aksesoris, karpet misalnya.

Inspirasi Pilihan Karpet Murah

Penambahan aksesoris pada lantai ini, selain mempercantk juga dapat menghindari kaki selip (tergelincir) karena permukaan lantai yang licin. Atau bisa juga sebagai alas saat ingin bersantai di lantai. Alas lantai ini bisa Anda tempatkan, di ruang tamu, kamar, ruang bermain anak, dan di ruang keluarga.

Pilihan Model Karpet

Sebaiknya pemilihan model alas lantai disesuaikan dengan penggunaan dan ruangannya. Misal untuk kamar tidur, pilihan motif etnik seperti moroko atau aztec mungkin bisa jadi pilihan. Untuk ruang tamu pilihlah model berbulu yang terbuat dari nilon. Jenis ini sangat nyaman saat diinjak sehingga aman untuk menghindari selip.

Karpet tile juga tidak buruk. Ini biasanya banyak digunakan di area perkantoran. Jika digunakan di rumah, kurang lebih bisa difungsikan sebagai pelapis lantai di ruang bermain anak atau ruang keluarga. Pasalnya pilihan motifnya tak banyak, cenderung ke motif abstrak atau hanya garis-garis.

Ada lagi karpet bulu yang bisa ditaruh dekat sofa ruang tamu atau kamar tidur. Bahannya yang lembut dan empuk tentu bisa dijadikan alas Anda saat ingin berbaring di lantai. Jika ingin harga murah, mungkin bisa pilih dari bahan polypropylene. Dibuat dari serat sintetis, pelapis lantai ini mudah dibersihkan sehingga tak perlu khawatir ada kotoran yang susah dihilangkan.

Pilihan Model Karpet

Bicara soal noda, ada lho yang bahannya tahan dari noda yaitu yang dibuat dari wol. Sangat halus dan nyaman di kulit, jenis ini bisa Anda pilih juga untuk alas tiduran di lantai. Sebenarnya masih banyak sekali macam-macam karpet yang ada di pasaran. Dari katun, nilon, kulit hewan, hingga vinyl semuanya layak untuk dipertimbangkan. Tinggal pilih saja kesukaan Anda dari bahan apa.

Ukuran Alas Lantai

Mengenai ukuran biasanya tergantung dari jenis atau modelnya. Ada yang dijual dalam ukuran roll, ada pula yang dijual dengan ukuran per meter tertentu. Jadi kembali lagi pada jenis karpet seperti apa yang Anda pilih. Karpet bulu kah, karpet tile kah, atau jenis lainnya yang mana itu juga berpengaruh pada harga jualnya. Misal untuk karpet bulu yang dijual mulai dari ratusan ribu bahkan ada yang di bawah seratus ribu.

Baca: Fakta Menarik Seputar Pintu Kaca Tempered

Sedangkan jenis roll, harga juga menyesuaikan ukurannya. Harganya berkisar di angka 185 ribuan untuk roll polos ukuran 4 meter. Penting untuk dijdaikan catatan, bahwa selain ukuran, pilihan motif, dan bahanlah yang menjadi penentu mahal murahnya harga pemanis lantai tersebut.

Ukuran Alas Lantai

Cara Membersihkan

Cara membersihkan alas lantai ini tergolong susah-susah gampang karena ada bahan yang bisa terkena air dan ada yang tidak boleh terkena air. Oleh karena itu Anda harus memantau dulu bahannya terbuat dari apa. Tanyakan pada penjual bagaimana cara membersihkannya. Bisakah dibersihkan dengan air, menjermurnya saja, atau membersihkannya dengan penyedot debu.

Itulah macam-macam karpet untuk hunian, dari bahan, motif, ukuran, hingga cara membersihkan. Semoga ulasan di atas bisa menginspirasi Anda untuk mempercantik rumah. Sebagai catatan, ingat untuk memperhatikan bahannya sebelum memutuskan untuk membeli karena beda bahan beda kenyamanan pula yang diberikan.