Mengenal Lebih Dalam Tentang Vertical Blind

Sudahkah anda mengenal apa itu vertical blind? Jika anda pernah melihat suatu bahan yang berbentuk seperti tirai yang berfungsi sebagai penutup jendela dari paparan sinar matahari atau sebagai pengatur cahaya yang masuk ke dala ruangan melalui jendela, itulah yang dinamakan vertical blind. Vertical blind merupakan tirai dengan desain modern yang biasanya digunakan untuk rumah-rumah minimalis sebagai ganti tirai kain, juga sering dipakai di perkantoran.

Vertical Blind

Bentuk Fisik Vertical Blind

Untuk bahan yang biasa digunakan untuk vertical blind seperti blackout, dimout dan solar. Masing-masing jenis bahan yang digunakan untuk vertical blind ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, dari segi harga juga berbeda-beda. Sampai sejauh ini sudah benyak sekali toko yang jual vertical blind. Jadi jika anda ingin memasang tirai jendela model ini silahkan anda membeli di toko gorden sudah dipastikan mereka menjual model vertical blind ini.

Selanjutnya kita akan mencari tahu apa saja  komponen dari vertical blind tersebut, di antaranya :

  • Daun vertical blind

Daun vertical ini biasanya menggunakan bahan seperti fiber glass atau polyester dan dengan lapisan khusus. Di bagian bawah vertical blind terdapat pemberat bentuknya seperti lepengan yang terbuat dari kaca atau plastik tujuannya supaya vertical blind ini tidak mudah tertiup angin. Antara satu daun dengan daun lainnya juga diberi tali grendel yang berfungsi pengikat daun yang satu dengan yang lain supaya tetap berjarak rapi.

  • Rel alumunium
  • Bricket atau penyangga yang terbuat dari besi fungsinya untuk menahan agar vertical blind dapat terpasang dengan posisi menggantung.
  • Tali penarik untuk membuka dan menutup vertical blind

Pada bagian ini terdapat dua tali kur yang berfungai untuk menarik daun-daun vertical blind ke arah kiri maupun kanan. Sehingga cahaya yang masuk dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan kita.

Itulah beberapa komponen penting yang ada pada vertical blind, sekarang mari kita pelajari kembali cara perawatan dari vertical blind.

Cara merawat dengan benar vertical blind

merawat vertical blind

1. Tempatkan vertical blind pada area yang luas. Jangan memasang vertical blind di area yang sempit apalagi area yang sering sekali di lalui oleh orang. Karena jika vertical blind ini sering tersentuh akan membuat daun-daun menjadi renggang dan nantinya tidak dapat berfungsi sebagai pengatur cahaya dengan baik.

2. Bersihkan vertical blind secara berkala supaya tetap bersih dan tidak berubah warna. Cara membersihkan vertical blind sebagai berikut :

  • Gunakan ujung vacum dengan bulu yang halus lalu mulai bersihkan dengan arah dari atas ke bawah. Jangan sampai terbalik ya.
  • Untuk noda yang susah dibersihkan gunakan spons karet yang diberi cairan khusus lalu mulai bersihkan secara pelan-pelan.
  • Jika membersihkan dengan cairan pembersih jangan langsung menyemprotkan pada daun-daunnya tetapi anda harus semprotkan terlebih dahulu pada kain lalu kain tersebut untuk membersihkan bagian daun-daun pada vertical blind.

Baca juga: 5 Step Membersihkan Lumut Pada Lantai Kamar Mandi

3. Antisipasi kerusakan kecil yang sering terjadi. Lakukan pemeliharaan kecil contohnya ketika tali grendel yang mengikat pemberat pada vertical blind terlepas, maka segera mungkin anda pasang kembali dengan cara memasukkan tali grendel pada tangkai pemberat supaya vertical blind dapat berfungsi dengan maksimal.

Demikianlah informasi seputar vertical blind. Jika anda mulai berminat untuk membelinya silahkan anda mulai mencari penjual yang jual vertical blind murah, jangan lupa untuk menentukan bahan sesuai budget yang anda telah tentukan.