Patut Dicoba!! Inilah Tips Menarik Mendesain Kantor Agar Semakin Nyaman

Produktivitas karyawan merupakan hal yang menjadi perhatian utama bagi setiap perusahaan. Karena bila karyawan semakin produktif maka perkembangan bisnis dalam perusahaan akan juga ikut berkembang. Lantas cara apa yang paling tepat untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas karyawan?.

Cara paling sederhana yang dapat digunakan dan murah tentunya adalah dengan mendesain atau menghias kantor. Beberapa studi menunjukkan bahwa karyawan mengalami penurunan kinerja karena lingkungan kantor yang kurang nyaman dan tidak mendukung proses bekerja. Kantor adalah tempat aktifitas kedua bagi seorang karyawan, jelas pasti di dalamnya banyak aktivitas dilakukan.

Tingginya aktivitas dalam kantor membuat perusahaan harus ikut memikirkan agar karywan dapat semakin mudah bekerja. Penggunaan cat epoxy pada lantai kantor dapat membantu mempermudah aktifitas kerja karyawan. Lapisan lantai epoxy membuat lantai menjadi tidak licin, sehingga aman untuk aktifitas karyawan, selain itu kilau yang dihasilkan lebih membuat lantai kantor lebih menarik.

Kantor Nyaman Karyawan Bahagia

Harga epoxy lantai biasanya dihitung setiap meter persegi, ketebalannya ditentukan dengan menggunakan micron. Itu hanya satu diantara banyak cara bagaimana membuat kantor semakin nyaman, sehingga tiap orang dapat bekerja dengan produktif. Yuk kita simak cara mendesain ruang kerja kantor.

1. Ruang terbuka

Konsep ruang terbuka pada kantor membuat ruang kantor tidak dibatasai dengan sekat. Ruang kantor yang tidak bersekat dapat membuat sesama karyawan mudah berinteraksi. Dengan adanya komunikasi dan interaksi antar karyawan dapat membuat pekerjaan menjadi mudah, selain itu hubungan satu karyawan dengan yang lain menjadi lebih dekat dan erat.

2. Memiliki pencahayaan yang cukup

Cara yang paling penting ketika mendesain kantor adalah mengatur pencahayaan yang cukup. Saat pencahayaan kantor cukup dapat membuat karyawan terhindar dari stress, pencahayaan yang tidak cukup baik membuat suasana kantor menjadi gelap. Saat suasana gelap karyawan akan susah untuk berkonsentrasi, dan akhirnya menjadi stress.

Baca juga: Temukan Desain yang Cocok Untuk Pintu Kantor

Jika karyawan menjadi stress hal itu pasti akan berdampak kepada proses bekerjanya dan produktivitas kerjanya menjadi menurun. Mengendalikan stress saat bekerja bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu sebuah perusahaan hendaknya mendesain kantornya dengan terang sehingga kativitas karyawan lebih terbantu.

3. Ruang untuk santai

Setiap manusia memiliki tubuh yang terbatas dalam bekerja. Karyawan bisa menjadi kelelahan, kebosanan dan perlu ada ruangan untuk melepaskan penat mereka. Mendesain ruang santai pada kantor cukup sederhana yaitu hanya dengan memanfaatkan sedikit ruang pojok yang sudah tidak terpakai, dan menambahkannya dengan permainan serta beberapa kursi santai.

4. Gunakan furnitur ergonomis

Penataan furnitur merupakan satu hal yang penting juga, karena hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan kerja yang dirasakan karyawan. Segala kenyamanan yang dirasakan oleh karyawan akan membuat kinerja karyawan menjadi lebih semngat. Furnitur yang ditata dengan baik akan menambah nilai seni juga pada ruang kantor.

Penataan pada ruang kantor harus seimbang, perlu dipertimbangkan tinggi meja dan kursi. Letak monitor komputer harus seimbang, sehingga posisi paha menjadi sejajar dengan lantai. Semuanya akan membuat karyawan menjadi nyaman bekerja.