Pengetahuan dan Keahlian Yang Harus Dimiliki Desainer Interior

Menjadi desainer interior tentu bukanlah sekedar selera suka terhadap desain interior, melainkan lebih jauh dari itu desainer interior harus mampu membuat desain yang indah, menarik, kondusif, dan dapat mencapai tujuan tertentu yang diinginkan.

Menjadi desainer interior harus telah menempuh pendidikan minimal S1 sebagai sebuah syarat dan acuan kemumpuniannya dalam menciptakan interior yang berkualitas.

Pengetahuan Desainer Interior

Desainer interior setidak-tidaknya harus memiliki pengetahuan dalam bidang tertentu yang dapat menunjang profesinya. Pengetahuan tersebut di antaranya:

1. Managemen dan administrasi

Pengetahuan dasar prinsip bisnis ini wajib sekali diketahui oleh desainer interior untuk melancarkan proyeknya. Pengetahuan managemen dan administrasi ini meliputi perencanaan strategis, alokasi dan pemodelan sumberdaya manusia, koordinasi antar manusia, hingga tenik kepemimpinan karena nantinya desainer interior akan memimpin dan bekerjasama dengan perusahaan jasa kontraktor interior dalam mencapai tujuannya.

2. Desain

Desainer interior wajib mengetahui teknik, alat, prinsip hingga pemodelan desain yang baik dan benar.

3. Pembangunan dan konstruksi

Pembangunan dan kontstruksi meliputi material, peralatan konstruksi hingga metode konstruksi baik bangunan berskala kecil hingga proyek besar.

4. Bahasa inggris

Bahasa ingris merupakan bahasa internasional yang digunakan di mana saja. Untuk itu memiliki pengetahuan mengenai bahasa inggris termasuk dapat melafalkan dan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris sangatlah penting.

5. Layanan pelanggan dan personal

Pengetahuan mengenai pelayanan ini sangat penting untuk mengetahui penialaian kepuasan pelanggan akan pekerjaan seorang desainer interior.

Keahlian Desainer Interior

Menjadi desainer interior baik mendesain dari awal atau merenovasi sebuah desain seperti renovasi kantor, hotel, dan bangunan lainnya tentu harus memiliki keahlian yang akan menunjang dan mempelancar pekerjaan desainer interior. Keahlian tersebut antara lain:

1. Keahlian teknis

Seorang desainer interior harus memiliki keahlian teknis seperti membaca dan menganalisa denah yang akan dikerjakan. Tanpa keahlian itu desainer interior tidak mungkin dapat melakukan pekerjaannya.

Keahlian teknis itu pada realisasinya akan berwujud sebuah gambar atau simulasi yang akan ditunjukkan kepada klien. Desainer interior harus juga memiliki keahlian dalam menentukan material, penempatan, model, mengetahui produksi bahan yang akan digunakan sehingga desainer interior tersebut aman, nyaman, dan tidak mengancam kesehatan dan keselamatan penghuni ruangan yang telah didesain.

2. Keahlian bakat

Keahlian lain yang harus dimiliki oleh desainer interior adalah bakat seperti seni, imajinasi dan kreativitas. Tanpa tiga hal itu desainer interior tidak dapat melakukan pekerjaannya.

Desainer interior harus mampu memadukan tiga keahlian tadi agar menciptakan karya yang unik, baru dan indah.

3. Keahlian komunikasi

Pengetahuan mengenai segala hal yang berbau desain interior tentu hanya dimiliki oleh orang-orang yang terjun di bidang itu. Tidak semua klien memiliki pengetahuan mengenai desain interior apalagi sampai ke teknis. Untuk itu desainer interior harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan klien menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh klien.

Baca juga: Inspirasi Pilihan Karpet Murah untuk Hunian

Selain itu klien juga berasal dari dunia yang sama sekali berbeda, untuk itu desainer interior harus memiliki sikap rendah hati dalam menanggapi keinginan klien yang kadang tidak sesuai harapan dan jauh dari estetika keindahan seperti perspektif yang selama ini desainer emban.

4. Keahlian memanage keuangan

Tidak jarang seorang desainer interior menghadapi klien yang ingin hasil ciamik namun memberikan alokasi dana yang tidak wajar. Untuk itu seorang desainer interior harus memiliki keahlian dalam memanage uang agar tetap menghasilkan desain yang bagus dengan dana yang tidak terlalu terhambur.

Menjadi desainer interior bukanlah pekerjaan yang mudah dan minim wawasan. Menjadi desainer interior haruslah memiliki banyak keahlian dan peng

COMMENTS