Ruangan Terasa Hangat Dan Nyaman Hanya Dalam 4 Langkah Singkat!

Pernah berada dalam ruangan yang lembab dan dingin? pasti rasanya agak kurang nyaman. Apa justru rumah anda yang terasa demikian. Apabila benar mungkin ada beberapa kesalahan pada proses pembangunan. Rumah yang dingin dan lembab bisa dikarenakan banyak hal. Mulai dari warna cat dinding, ventilasi udara, atau bisa jadi karena tembok rembes air. Apabila yang terjadi adalah karena retakan dan rembes maka tidak ad acara lain selain memperbaikinya.

Tapi apabila rumah terasa lembab dan dingin bukan karena rembesan dapat diatasi sendiri. Beberapa hal ini mungkin bisa membantu ruangan rumah menjadi hangat dan kering. Ruangan yang tidak lembab mampu menambah kenyaman pada saat berkumpul. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar rumah tidak terasa dingin dan lembab.

Membuat Ventilasi Udara

Udara didalam ruangan tentunya harus selalu berputar. Ventilasi ini tidak sama dengan jendela kaca. Ventilasi merupakan lubang yang dapat diletakkan diatar pintu atau diatas jendela. Lubang ini digunakan sebagai jalan keluar masuk udara. Udara akan terus berputar dan bertukar. Secara normal, lubang ventilasi yang baik berukuran 15 persen dari luas lantai ruangan. Ukuran ini dianggap tepat dan sesuai dengan jumlah udara yang diperlukan.

Udara yang tidak bergerak dan dalam keadaan diam biasanya akan menjadi dingin dan mengembun. Hal inilah yang menjadikan ruangan terasa dingin dan lembab. Oleh karena itu cobalah membuat ventilasi udara sesuai yang dianjurkan.

Warna Dinding

Penggunaan cat pada dinding ternyata tidak luput dari pengaruh ruangan itu sendiri. Warna tidak hanya mampu mempengaruhi suhu didalam ruangan tetapi juga emosi seseorang. Hal ini bisa dipelajari dalam psikologi warna. Cobalah untuk menggunkan warna-warna terang untuk menambah suasana hangat dalam ruangan.

Baca juga: Jangan Asal Pasang Partisi Kaca! Lakukan Ini Agar Partisi Semakin Kokoh

Apabila bosan dengan warna cat, maka dapat menggunakan wallpaper dinding. Silahkan beli ditoko yang jual wallpaper Korea. Wallpaper dinding Korea mampu menambah kesan hangat dan indah. Warna yang bagus dan terang merupakan salah satu penyebab hangatnya ruangan rumah.

Memasang Exhaust Fan

Exhaust fan dapat dipasang pada bagian atas pintu. Bentuk benda ini menyerupai kipas angina tetapi memiliki fungsi yang berbeda. Apabila ventilasi rumah dibiarkan berlubang saja terkadang kurang mampu memberikan manfaat sesuai keinginan. Oleh karena itu, exhaust fan dapat dipasang pada ventilasi rumah.

Benda ini berfungsi menarik dan mengeluarkan udara dari dalam. Kemudian udara dari luar dimasukan kedalam ruangan. Proses pertukaran udara menjadi semakin maksimal dengan bantuan alat ini. Hal ini tentu berbeda dengan ventilasi tanpa dilengkapi exhaust fan.

Pemasangan Jendela

Ruangan tentu harus dilengkapi dengan keberadaan jendela. Jendela digunakan sebagai jalan masuknya sinar matahari. Sinar matahari akan membantu menambah suhu udara didalam ruangan. Cobalah untuk membuat jendela dengan ukuran yang cukup. Cukup untuk menerima cahaya agar dapat menerangi seisi ruangan.

Memiliki rumah yang lembab memang tidak menyenangkan. Ruangan yang lembab juga rawan dengan keberadaan bakteri. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk menjauhkan bakteri dari rumah. Memasang berbagai keperluan dapat dilakukan.

Jangan lupa untuk merubah warna dinding juga. Harga wallpaper Korea mungkin tidak lebih mahal dari harga cat. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan benda ini. Benda yang sangat mudah didapatkan diberbagai toko bangunan dekat rumah. Demikian ulasan mengenai berapa cara mencegah suasana dingin dan lembab didalam ruangan rumah.

COMMENTS