Beda Ruang Beda Keramik, Inilah Tips Memilih Keramik Lantai Sesuai Penempatannya

Tips Memilih Keramik Lantai

Keramik sampai saat ini masih menjadi material lantai yang banyak dipilih. Pasalnya selain murah, juga tidak sulit dirawat dan kini semakin banyak variasi yang tersedia dari mulai motif, warna hingga bahan, tidak lagi tampil sebagai ubin putih yang terkesan monoton dan membosankan.

Tips Memilih Keramik Lantai

Dalam memilih lantai, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah lantai yang Anda pilih tepat atau tidak agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut tips memilih lantai:

1. Budget

Tentunya budget menjadi tips pertama yang harus Anda pertimbangkan. Walaupun harganya cenderung murah, tapi jika Anda menggunakannya dalam skala luas atau memilih menggunakan bahan yang mahal, tetap saja Anda akan mengeluarkan budget dan tinggi. Jadi sebaiknya Anda alokasikan dana terlebih dahulu lalu memilih lantai sesuai dengan budget yang telah Anda tentukan.

2. Tonality

Tonality adalah ketebalan lantai. Sebaiknya Anda menentukan akan memilih ketebalan berapa untuk lantai Anda agar semua ruangannya terlihat seimbang.

3. Tekstur

Beda ruangan, beda tekstur lantai. Anda tidak bisa menyamakan lantai satu ruangan dengan ruangan lain, karena setiap ruangan memiliki fungsi masing-masing yang berbeda.

4. Ukuran, motif dan warna

Jika ruangan Anda adalah ruangan yang sempit, maka pilihlah ukuran dan motif yang besar juga warna yang cerah dan terlihat mengkilap agar ruangan Anda terkesan luas. Anda dapat menyesuaikan ukuran, motif dan warna sesuai ukuran ruangan dan tema yang ingin Anda terapkan di ruangan tersebut.

5. Tema

Sebelum memilih warna lantai, tentukan dahulu sebelumnya tema apa yang ingin Anda terapkan. Usahakan warna yang Anda terapkan di lantai selaras dengan warna dinding.

Memilih Keramik Lantai Rumah Berdasarkan Ruangan

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya bahwa beda ruangan, beda tekstur lantai. Setiap ruangan di dalam rumah memiliki fungsi masing-masing dan sudah seharusnya menerapkan lantai sesuai dengan fungsi ruangan tersebut. Berikut adalah beberapa ruangan dan jenis keramik lantai murah yang sebaiknya diterapkan:

1. Lantai teras

Teras terletak di luar dan biasanya orang masih menggunakan alas kaki dan melepaskannya di sana. Karena tempatnya di luar rumah yang kemungkinan terkena hujan, panas dan kotoran, ada baiknya lantai yang dipilih adalah lantai yang memiliki tekstur dan antislip. Terkait dengan warna, Anda dapat menyesuaikan dengan jenis fasad (sisi luar atau eksterior bangunan) yang Anda terapkan.

2. Ruang keluarga dan kamar tidur

Karena ruang keluarga dan kamar tidur merupakan ruang yang tidak berinteraksi secara masif dengan air, Anda dapat memilih tekstur yang licin dan mengkilap. Untuk motif Anda dapat bebas menerapkan motif apapun sesuai tema ruangan yang Anda pakai. Motif lantai ruang tamu bisa Anda eksplorasi lebih jauh, artinya Anda dapat menggunakan dua atau tiga motif asal warnanya tetap selaras.

3. Ruang dapur

Karena banyaknya aktivitas di dapur apalagi menyangkut benda-benda tajam, maka sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih jenis lantai. Anda dapat menggunakan lantai mengkilap agar mudah dibersihkan dari kotoran namun tetap mempertimbangkan dimensi penempatan agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan seperti terpeleset dan lain sebagainya.

4. Ruang kamar mandi

Jangan sesekali memilih lantai kamar mandi yang licin dan mengkilap, karena lantai kamar mandi adalah lantai yang masif terkena air, kelicinannya dapat mendatangkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Pilihlah lantai yang bertekstur dan antislip agar Anda nyaman dan tidak merasa khawatir saat berjalan di kamar mandi.

Selain contoh ruang-ruang di atas, ada banyak lagi ruang yang harus menggunakan keramik lantai seperti ruang ibadah, perpustakaan rumah, ruang makan, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu melihat fungsi ruang tersebut dan sesuaikan dengan jenis lantai apa yang sebaiknya diterapkan.