Worry Dak Beton Cepat Rusak? Lakukan Trik Berikut Ini Agar Dak Beton Awet Tahan Lama

Dunia konstruksi tentu tidak asing lagi dengan dak beton, salah satu metode cor yang paling sering diterapkan saat ini. Tidak hanya untuk keperluan jalan, membangun rumah juga banyak menggunakan dak beton, salah satunya adalah digunakan untuk atap atau memplester halaman rumah.

Dak Beton

Cara mengantisipasi dak beton rusak

Masalah yang paling sering menimpa dak beton adalah retak yang mengakibatkan bocor. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah dengan melapisi permukaan dak menggunakan waterproofing, harga waterproofing dak beton bervariasi tergantung kualitas dan merek dagang. Berikut beberapa cara antisipasi dini kerusakan dak beton :

Perhatikan Perencanaan dan Proses Pembuatan

Seringkali salah dalam proses pembuatan, baik dari segi teknik maupun perhitungan yang kurang tepat membuat dak beton menjadi mudah retak, awalnya mungkin terjadi retakan halus, seiring berjalannya waktu terpapar sinar matahari dan diguyur hujan membuat retakan menjadi semakin lebar dan dalam serta kelamaan dak beton menjadi rusak.

Untuk itu perhitungan semen, pasir, dan besi harus benar-benar diperhatikan, bahkan sampai seberapa besar partikel pasir yang digunakan. Biasanya untuk mencegah dak beton hancur karena air, pada bagian permukaan akan dilapisi dengan waterproofing. Harga waterproofing sika sangat terjangkau, sekitar Rp 100.000 – Rp 300.000.

Kualitas Bahan Baku

Apalah arti perencanaan yang hebat tanpa menggunakan material berkualitas, minimal material yang digunakan lolos uji standar nasional Indonesia. Material dengan kualitas rendah menghasilkan dak beton dengan kualitas yang rendah pula, begitu juga sebaliknya. No worry dengan masalah budget. Saat ini banyak sekali perusahaan yang menjual bahan material berkualitas dengan harga miring. Salah satunya adalah waterproofing. Anda pasti terkejut ketika tahu jika harga waterproofing sika hanya berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah saja.

Perawatan Rutin Dak Beton

Dak beton juga perlu perawatan khusus jika tidak ingin cepat rusak, setelah kering dak beton harus rutin disiram air. Siapa bilang yang butuh mandi hanya manusia, dak beton yang terlalu banyak mengalami penguapan membuat banyak rongga didalamnya.

Khusus untuk dak beton yang digunakan sebagai atap, anda bisa melapisi permukaan dak menggunakan waterproofing, tenang saja harga waterproofing dak beton sangat wortel it dengan manfaat yang didapat.

Baca juga: Inilah 5 Alasan Utama Mengapa Kita Harus Menggunakan Jasa Pasang Plafon

Sehingga ketika terkena beban berat dak beton mudah retak bahkan hancur. Ketika cuaca panas dan matahari menyapa dengan teriknya menyiram bagian atas dak sekali sehari sudah cukup. Jika cuaca mendung dan tidak terlalu panas seminggu 3 kali saja, supaya tidak terlalu becek.

Jangan Melebihi Usia Pakai Dak Beton

Walaupun dibuat dengan sepenuh hati dan menggunakan bahan terbaik, tetap saja dak beton memiliki masa pakai, jika usianya sudah habis dak beton harus segera diganti, sebab usianya yang sudah tua ibarat turun mesin, alias fungsinya sudah turun, bahkan bisa membahayakan pemakainya sebab bisa sewaktu-waktu roboh. Jangan sayang menghancurkan dak beton hanya karena sudah dilapisi waterproofing. Tenang saja harga waterproofing sika aman dikantong.

Lakukan Pengecekan Secara Berkala

Usahakan untuk rutin melakukan pengecekan, minimal sebulan sekali, hal ini untuk meminimalisir retakan yang timbul. Terkadang dak beton mengalami keretakan di tempat yang tersembunyi, sehingga tidak terlihat oleh mata, perlu dilakukan penyisiran agar bisa menemukan retakan ini.

Setelah menemukan masalah segera lakukan penanganan, jika retakan masih halus anda bisa menambalnya menggunakan semen tipis, kemudian pada bagaian atasnya dilapisi dengan cairan anti bocor.